Tips menabung untuk umroh

Tips Menabung Untuk Umroh, Pegadaian Tempat Tepat Untuk Menabung

Tips menabung untuk umroh, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah biaya. Ketika ingin pergi umroh, tentu ada biaya yang harus Anda bayarkan. Seperti akomodasi dan penerbangan, serta jasa untuk perusahaan travel yang Anda pilih.

Biaya yang dibutuhkan juga bukan biaya yang sedikit. Sehingga tentu saja Anda membutuhkan waktu untuk menabung, terlebih juga masih banyak kebutuhan lainnya yang harus Anda penuhi.

Tips Menabung Untuk Umroh Sesuai Syariah

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan uang yang akan digunakan pergi umroh. Namun tentu saja cara tersebut harus sesuai dengan syariat Islam.

Biaya umroh pun tergantung dengan dinamika kurs dolar Amerika Serikat. Kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah sangat berpengaruh terhadap besaran biaya umroh.

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan serta menabung guna memenuhi biaya umroh Anda secara efektif.

Membuka Rekening Khusus

Meskipun sudah memiliki tabungan pribadi, namun akan lebih efektif jika Anda menabung di rekening khusus yang memang akan digunakan untuk biaya umroh saja. Tips menabung untuk umroh yang pertama, dapat memilih bank syariah atau penyedia jasa lain yang memiliki program khusus untuk umroh.

Jika Anda sudah membuka rekening, maka Anda dapat langsung membuat rencana tabungan yang dikhususkan untuk umroh dalam jangka waktu yang dapat Anda tentukan. Biasanya sistem yang dipakai adalah menentukan dana yang diinginkan, kemudian jumlah dana yang Anda tabung setiap bulannya akan disesuaikan dengan jangka waktu yang telah dipilih.

Gunakan Pembiayaan Umroh

Ada banyak bank maupun penyedia jasa layanan lainnya yang menawarkan solusi untuk pembiayaan umroh Anda. Pilih pembiayaan umroh yang memiliki kredit agunan umroh.

Sistem pembayaran umroh seperti ini kurang lebih sama dengan menabung di bank syariah. Perbedaannya, Anda dapat berangkat lebih dahulu kemudian pelunasan biaya umroh di bayar di belakang.

Hanya saja terkadang fasilitas seperti ini kurang nyaman untuk dilakukan. Sehingga lebih baik untuk Anda menunggu tabungan umroh penuh terlebih dahulu,

Buat Pos Biaya

Anda dapat membuat dan mengatur keuangan secara rapi dan mencatat semua pengeluaran dengan jelas. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan membuat pos-pos pengeluaran dalam beberapa kategori.

Seperti tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, transportasi, hiburan, asuransi serta investasi dan tabungan. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan pos biaya umroh ke dalam anggaran.

Agar tabungan untuk umroh tetap berjalan juga tercatat. Alangkah lebih baiknya jika Anda memprioritaskan pos umroh dibandingkan dengan hiburan. Supaya target tabungan untuk umroh segera terpenuhi.

Menghemat Pengeluaran

Tips menabung untuk umroh yang satu ini masih ada hubungan dengan tips sebelumnya. Ketika ingin melakukan transaksi atau mengeluarkan uang, Anda harus memikirkan lagi apakah hal tersebut perlu.

Jika tidak, maka dapat mengalokasikan dana tersebut ke dalam tabungan umroh Anda yang memang membutuhkan dana yang cukup banyak. Kemudian Anda juga dapat mengurangi pengeluaran untuk hiburan, lebih baik disimpan untuk kebutuhan mendesak sewaktu-waktu.

Dengan mengurangi biaya yang tidak perlu, Anda dapat mengalokasikan dana tersebut ke dalam tabungan umroh. Sehingga tabungan Anda segera terpenuhi sesuai dengan yang sudah ditargetkan.

Menabung Melebihi Target

Dengan mengurangi semua anggaran dana untuk keperluan yang tidak penting, maka Anda akan lebih cepat untuk memenuhi tabungan. Estimasi biaya umroh dari Kementerian Agama sendiri adalah kisaran Rp 20 juta hingga Rp 25 juta.

Namun tentu saja biaya tersebut hanya biaya estimasi, bukan merupakan biaya real. Terlebih sewaktu-waktu biaya tersebut dapat mengalami kenaikan.

Sehingga untuk berjaga-jaga, tips menabung untuk umroh alangkah baiknya menabung melebihi target dana yang Anda kumpulkan. Jika sudah terkumpul sesuai target, Anda dapat segera melakukan pembelian paket umroh.

Menabung di Tempat yang Pas

Ada beberapa perusahaan travel atau agen umroh yang menawarkan fasilitas tabungan untuk umroh dan haji. Anda dapat membayar uang muka untuk biaya pendaftaran menjadi calon jamaah umroh dan haji.

Salah satunya adalah Pegadaian, memiliki program Arrum Safar dan sudah bekerjasama dengan beberapa marketplace berbasis syariah dan juga perusahaan biro perjalanan terkemuka yang sudah tergabung di dalam Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh atau PPIU.

Hal tersebut ditujukan agar masyarakat dapat lebih mudah akses untuk mendapatkan produk pembiayaan ibadah umroh dan wisata halal lainnya yang ditawarkan oleh Pegadaian. Sahabat Pegadaian, Anda dapat mencari informasi mengenai program Arrum Safar ini.

Investasi Syariah

Tips menabung untuk umroh yang terakhir adalah melakukan investasi syariah seperti reksadana syariah, properti syariah, dan juga tabungan emas. Untuk biaya umroh Anda bisa menabung dengan investasi di beberapa jenis instrumen.

Namun yang paling disarankan adalah emas. Sebab harga yang cenderung stabil dan nilainya hampir tidak pernah mengalami penurunan.

Program Arrum Saffar ini ditawarkan oleh Pegadaian Syariah dengan jaminan emas yang bebas dari riba. Sehingga produk ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk melakukan ibadah umroh dengan mudah. Anda dapat mengetahui info detail simulasi tabungan emas ini melalui akun resmi Pegadaian, atau untuk lebih jelasnya dapat mengunjungi langsung Pegadaian terdekat.

 

Tag: