rumah sakit jantung Heartology

Gambaran Kateterisasi Jantung oleh Spesialis Intervensi Kardiolog, Cek Yuk!

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang memiliki angka penderita cukup tinggi. Oleh karena itu, orang yang sering mengalami sakit dada sebaiknya segera memeriksakan diri. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan jantung pada pasien, tidak jarang dokter spesialis intervensi kardiologi akan melakukan kateterisasi jantung.

Pengertian Singkat  Tentang Kateterisasi Jantung

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa dokter akan melakukan kateterisasi jantung untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung. Tindakan kateterisasi jantung merupakan tindakan yang tepat oleh seorang dokter bedah jantung. Prosedurnya sangat penting untuk dilakukan, agar masalah pada jantung bisa terdeteksi dengan baik sesuai dengan yang diderita oleh pasien.

Saat seorang pasien mengalami rasa sakit tepatnya pada bagian dada ada baiknya memang segera lakukan kateterisasi jantung. Karena hal tersebut merupakan tanda awal pada mereka yang menderita penyakit jantung coroner dan jenis penyakit jantung lainnya. Meskipun masih terdapat banyak alasan seorang dokter ahli jantung memutuskan untuk mengambil tindakan kateterisasi jantung pada seorang pasien.

Pasalnya katerisasi jantung yang dilakukan oleh dokter spesialis intervensi kardiologi ini memiliki beberapa kegunaan yang penting. Mulai dari mengevaluasi aliran darah serta aliran oksigen pada berbagai bagian dalam jantung, menilai kekuatan otot jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh, mengobati penyakit jantung koroner, serta melihat seberapa baik kinerja dari katup jantung.

Selain itu, kateterisasi jantung juga bisa mengoreksi jantung yang mengalami cacat dengan operasi kecil, mengambil sampel pada otot jantung guna mengetahui apakah pasien mengalami infeksi jantung atau tidak, sampai memeriksa apakah ada penyakit jantung bawaan pada anak anak. Sehingga perencanaan pengobatan yang tepat juga bisa dilakukan setelah prosedur ini.

Prosedur Medis Kateterisasi Jantung Oleh Dokter Jantung

Prosedur kateterisasi jantung yang dilakukan oleh dokter tidak dilakukan saat pasien dalam keadaan tidak sadar. Jadi pasien pun dapat mengikuti semua arahan yang diberikan oleh dokter saat prosedur berjalan. Namun tim medis sebelumnya akan memberikan suntikan obat sedatif agar pasien merasa tenang selama kateterisasi jantung dilaksanakan.

Berikutnya, tim medis akan membersihkan dam melakukan pencukuran bulu di area yang hendak dimasukkan kateter. Kateter sendiri adalah alat fleksibel yang bentuknya seperti selang tipis. Pasien tidak akan merasa sakit saat kateter dimasukkan, karena dokter akan memberikan suntikan obat bius terlebih dahulu.

Lubang kecil akan dibuat pada pembuluh darah pasien agar kateter bisa dimasukkan. Kemudian dilanjutkan pemasangan tabung di lubang yang telah terbentuk, agar mulut lubang ini bisa tetap terbuka selama prosedur berlangsung. Nah Dokter ahli atau spesialis intervensi selanjutnya akan memulai proses pemasukkan kawat sampai ruang jantung.

Kemudian barulah kateter akan masuk mengikuti jalur yang telah dibuat oleh seorang dokter spesialis intervensi. Jika sudah sampai pada ruang jantung, kawat penuntun akan dikeluarkan sedangkan kateter dibiarkan berada di dalam. Zat pewarna kontras akan dimasukkan ke dalam kateter, dan kondisi jantung akan dilihat melalui layar monitor.

Demikian proses kateter jantung yang akan dilakukan oleh seorang dokter jantung yang sudah ahli. Tentunya untuk melakukan prosedur seperti ini dibutuhkan dokter ahli yang profesional dan dukungan berbagai alat medis yang mumpuni. Jika anda sering mengalami nyeri dada, maka rumah sakit jantung Heartology bisa dituju. Cardiovaskular Center ini memiliki dokter spesialis jantung yang ahli dan berbagai peralatan canggih.

Beberapa tim dokter spesialis di Heartology memiliki berbagai keahlian salah satu diantaranya adalah keahlian di bidang intervensi kardiologi. Salah satu tim dokternya adalah dr. Denio Ridjab, Sp.JP (K) yang merupakan dokter jantung sub spesialisasi intervensi kardiologi yang kini berpraktek di Heartology.

Beliau memiliki beberapa keahlian khusus diantaranya Kardiologi umum dan kardiologi intervensi, Pencegahan penyakit jantung, Kardiologi olahraga, Penyakit jantung valvular, Gagal Jantung dan kardiomiopati. Buat janji dengan dr Denio Ridjab dan cek jadwal prakteknya disini.

Tag: