Kunci dasar gitar

Bagian-bagian Gitar yang Harus Kamu Ketahui!

Sekarang sangat mudah bagi kita untuk mempelajari banyak hal karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Termasuk mempelajari alat musik, salah satunya gitar. Gitar merupakan alat musik yang cukup mudah dipelajari dan banyak digemari.

Gitar juga banyak digunakan oleh para musisi untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya. Terlebih lagi, tidak sedikit calon musisi yang menciptakan lagunya dengan gitar. Bahkan saat ini banyak musisi yang menyanyikan lagu hanya dengan bermodalkan gitar.

Bagaimana? Kamu jadi semakin tertarik untuk belajar gitar?

Kunci dasar gitar adalah hal pertama yang harus kamu ketahui untuk menghasilkan sebuah alunan nada. Kunci dasar gitar memiliki 8 tangga nada seperti pada umumnya. Namun sabar dulu, sebelum kamu belajar kunci dasar gitar. Yuk, kenali dulu bagian-bagian gitar yang akan kamu mainkan!

Melansir situr musisi.org, bagian-bagian dari gitar adalah sebagai berikut:

  1. Kepala gitar, bagian kepala gitar berada di bagian atas dan biasanya menunjukkan ciri khas dari merek gitar yang sedang digunakan. Karena pada umumnya, kepala gitar akan berbeda-beda tergantung dengan mereknya.
  2. Tunning peg, bagian ini terletak di kepala gitar dan digunakan untuk mengatur bunyi nada gitar sebelum dimainkan.
  3. Tunner senar, kalau bagian ini digunakan untuk mengatur nada tiap senar. Tunning senar bisa kamu putar sesuai kebutuhan.
  4. Nut merupakan bagian berwarna putih yang kamu lihat di atas badan senar dengan enam lubang. Nut akan membantu gitar untuk terdengar nyaring dan juga merdu.
  5. Kemudian, bagian leher gitar yang terletak persis di bawah kepala gitar. Bagian ini yang kamu gunakan untuk memegang gitar ketika dimainkan.
  6. Kalau kamu ingin mempelajari kunci gitar, fret akan membantu. Bagian ini merupakan garis yang melintang di sepanjang badan gitar berjumlah 19 buah.
  7. Tempat kamu meletakkan jari-jari untuk memetik setar yang akan menghasilkan alunan nada adalah fingerboard.
  8. Badan gitar, tidak semua badan gitar memiliki bentuk yang sama. Tapi pada umumnya, badan gitar akan berbentuk cekung pada bagian tengah seperti bentuk tubuh manusia.
  9. Badan gitar dan senar dapat terhubung karena memiliki bridge diantara keduanya.
  10. Sound hole, bagian ini merupakan lubang suara yang ada di sepanjang fingerboard dan memiliki fungsi mengeraskan suara gitar ketika dipetik.
  11. Bagian terpenting dari gitar adalah senarnya yang melintang di sepanjang badan gitar. Senar gitar berjumlah 6 buah dan akan menimbulkan bunyi berbeda-beda.
  12. Bagian dari badan gitar yang berbentuk tabung dan berfungsi menggetarkan suara pada senar gitar disebut dengan soundboard.
  13. Sama seperti bridge, penghubung gitar akan menghubungkan badan gitar dengan bagian leher gitar.
  14. Pick guard, biasanya bagian ini berwarna hitam melengkung di atas permukaan gitar. Namun, tiap gitar berbeda-beda bentuknya. Bagian ini berfungsi melindungi gitar dari benturan tangan yang terlalu keras ketika dimainkan.

Ada banyak bagian dari gitar yang masing-masingnya berperan penting. Walaupun nama-nama bagiannya terdengar sulit, tetapi kamu akan segera terbiasa jika sering berlatih. Kemudian, tiap senar pada gitar menghasilkan nadanya masing-masing. Begini peran masing-masing senar yang terdapat di atas gitar:

  • Senar 1, menghasilkan nada E’ (terletak pada bagian bawah),
  • Senar 2, menghasilkan nada B,
  • Senar 3, menghasilkan nada G,
  • Senar 4, menghasilkan nada D,
  • Senar 5, menghasilkan nada A,
  • Senar 6, menghasilkan nada E.

Dalam mempelajari kunci dasar gitar, senar merupakan salah satu bagian terpenting. Jadi, kamu pahami dulu mana-mana saja bagian dari gitarmu sebelum lanjut belajar memetik senarnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *