7 Panduan Nutrisi & Susu Pertumbuhan Anak 3 Tahun

Si Kecil yang berusia 3 tahun sudah mempunyai struktur gigi yang lengkap. Hal ini dapat akan membuat mereka dapat mengkonsumsi makanan yang bervariasi serta tekstur yang pada sekalipun. Agar setiap makanan yang mereka makan berguna untuk pertumbuhan maka pastikan Bunda memberikan makanan dengan kandungan gizi yang lengkap. Selain itu, susu pertumbuhan anak 3 tahun juga masih perlu diberikan guna mendongkrak kecukupan gizi sehingga anak lebih aktif.

7 Nutrisi Yang Diperlukan Anak-Anak

Nutrisi merupakan bahan utama yang diperlukan tubuh dalam proses pertumbuhan serta menjaga fungsi organ vital lainnya. Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi lengkap seperti berikut:

Karbohidrat

Anak-anak perlu mendapatkan karbohidrat yang cukup agar dapat menghasilkan energi. Energi tersebut diperlukan untuk melakukan aktivitas seperti bermain atau belajar. Selain itu, karbohidrat juga memiliki fungsi penting lainya. Zat ini dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan bantuan lemak dan protein. Kandungan karbohidrat yang tinggi bisa diperoleh dari pasta, roti, beras, kentang dan sereal.

Serat

Kebutuhan serat anak wajib terpenuhi untuk menjaga kesehatan pencernaan mereka. Anak-anak memilih sistem pertahanan tubuh yang belum sempurna sehingga lebih mudah sakit. Untuk mencukupi kebutuhan serat pada Si Kecil bisa memberikan buah dan sayur setiap hari.

Anak-anak yang tidak menyukai buah dan sayur akan menjadi kendala tersendiri bagi para Bunda. Namun, Bunda bisa belajar lebih kreatif lagi dalam menyajikannya. Untuk buah, bisa disajikan dalam bentuk smoothie atau jus.

Protein

Bunda juga wajib memberikan Si Kecil makanan yang mengandung protein. Di masa pertumbuhan, protein sangat diperlukan karena merupakan bahan dasar utama pembentukan sel. Protein bisa diperoleh dari hewan dan juga tumbuhan.

Bahan makanan seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang bisa Bunda berikan. Untuk protein hewani, Bunda bisa memberikan telur ayam, daging da juga ikan.

Antioksidan

Senyawa antioksidan ini mempunyai fungsi penting dalam pembentukan kekebalan tubuh. Antioksidan akan memerangi radikal bebas sehingga Anda aman dari serangan penyakit. Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi organ-organ penting di dalam tubuh sehingga berfungsi dengan baik. Rekomendasi bahan makan yang tinggi kanungan antioksidan adalah bayam, paprika, buah beri, tomat, kacang almond dan jeruk.

Zat Besi

Agar tubuh Si Kecil tetap segar dan semangat melakukan aktivitas maka berikan pula makanan yang mengandung zat besi. Tugas utama zat besi adalah membawa oksigen kedalam darah. Kekurang zat besi akan menghambat suplai oksigen ke otak sehingga menyebabkan mudah lelah, mengantuk dan susah berkonsentrasi. Anda bisa memberikan Si Kecil sayuran dengan warna hijau gelap, kacang-kacang, buah-buahan dan juga biji-bijian karena tinggi akan zat besi.

Lemak

Lemak juga diperlukan oleh tubuh karena akan disimpan sebagai cadangan energi. Namun yang harus dipahami adalah memberikan lemak yang sehat untuk Si Kecil. Bunda bisa memberikan makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, susu dan juga ikan karena memiliki kandungan lemak yang cukup banyak.

Vitamin

Vitamin menjadi kebutuhan harian yang juga harus dipenuhi. Vitamin berfungsi untuk menjaga dari kemungkinan infeksi serta menjaga kesehatan mata dan kulit. Setiap jenis vitamin memiliki peranan masing-masing seperti menguatkan gigi, menjaga dinding pembuluh darah dan juga mempercepat proses penyembuhan pada luka. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin terbanyak yang bisa Anda pilih.

Sekian informasi yang bisa kami bagikan. Semoga tulisan ini dapat membantu Bunda dalam memberikan makanan terbaik untuk Si Kecil.

Meta Deskripsi: Dukung terpenuhinya kebutuhan nutrisi putra-putri Anda dengan memberikan susu pertumbuhan anak 3 tahun dari Morinaga.